Note Iseng

Posted: November 18, 2012 in Cerita

Siapa yang bisa nyangka sama berjalannya waktu? Kata “ga berasa ya” sering terucap kalo udah sama hal ini. Seperti tadi, gw baru ketemu sama ade sepupu, di acara aqiqah keluarga, yang “ga berasa” udah umur 2 tahun dan udah bisa jalan serta ngomong (meski belum lancar). Padahal rasanya “baru kemarin” ade gw itu masih bayi, masih kecil banget, pipinya masih tembem dan enak dicubitin (serta dicium2), sekarang udah ngga tembem lagi (meski masih lucu sih).

Selain itu, gw juga ketemu kakaknya, yang juga “ga berasa ya” udah 2 SMP, padahal baru kemarin juga, dia itu masih SD (kelas 5-6), hal ini juga membuat gw jadi berpikir mengenai betapa pendeknya umur dan waktu kita.

Ga berasa, gw udah lulus kuliah dan jadi sarjana, padahal “baru kemarin” gw itu masih bolak balik SD, dengan diantar (almarhum) kakek gw, trus tau2 udah SMP aja, dimana ngerasain cinta pertama (dimana berakhir tragis), trus tau2 lagi udah SMA, dimana di situ masa2 lumayan asik (bukan di SMAnya, SMAnya mah surem), lalu lanjut lagi ke masa kuliah (masa yang paling enak), dimana gw juga naksir seseorang, temen seangkatan, yang juga kisah asmaranya berakhir sebelum dimulai (yah ga gitu juga sih, tapi pas gw nembak, ya cuma murni bilang aja, ga ngarep diterima). Lalu gw juga udah melewati masa dimana orang tersayang gw (nenek) harus pergi, padahal belum lama gw masih suka pijit2in dia, suka bantuin belanja dia dan sebagainya.

Lalu juga gw jadi teringat, di masa (yang lagi2 ga berasa), dimana gw udah hampir 3 tahun sama cewe gw, padahal “baru kemarin” gw itu kenal sama dia, sering2 smsan, lanjut ke sering ketemuan meski jarang jalan, trus lost contact (karena gw suka lost contact karena berbagai hal) dengan dia, dia juga waktu itu udah ada cowonya (LDR sih) sedangkan gw masih sibuk kuliah (tugas2nya banyak), dan tau2 udah contact2an lagi sama dia, dan ternyata karena sering2 hal itu, yah gw juga jadi tertarik sama dia, singkat kata ya jadian lah.

Ada lagi juga yang makin menambah ga berasa, saat tau2 temen kuliah lo sudah ada yang menikah dan punya anak, atau bahkan temennya cewe gw (masih 17 tahun) sudah menikah juga, juga temen SMP gw juga baru melangsungkan pernikahan, semua ini membuat gw berpikir, “wah gw kok ganteng ya?”, eh sori ga fokus, maksud gw, “waw bener2 waktu itu cepet banget, gw sudah bertambah umur aja”, padahal baru kemarin ya gw masih main2an anak kecil, mulai dari tamiya, kartu yugi, baca komik donal bebek, dan hal2 semacam itu. Sekarang? Gw malah membahas hal2 layaknya orang dewasa lainnya, pekerjaanlah, politik lah, sesuatu kek gitu.

Trus sebenarnya apa tujuan dari note singkat ini? Iseng aja sebenarnya, tapi juga berupa perenungan gw pribadi, bahwa waktu itu singkat banget, ga berasa si ini udah gede aja, ga berasa si itu udah punya pacar aja, ga berasa si anu udah lulus kuliah aja, ga berasa dia udah kerja aja , ga berasa udah nikah aja, dan “ga berasa” lainnya.

Gw selalu kepikiran saat ngeliat keluarga2 gw, dimana nenek/kakek (bukan kandung, tapi lebih ke arah kakaknya nenek gw atau semacamnya), yang dulu gw lihat masih lumayan tegap jalannya, sekarang agak membungkuk, yang dulu keriput biasa saja, sekarang keriput penuh luka, yang dulu jalannya bisa sendiri, sekarang udah dipapah aja, gw merasa, betapa rapuh banget tubuh manusia ini, dan gw ga mau menjalaninya dengan sia2 aja, intinya gw tekankan disini, betapa pendeknya umur gw, betapa banyak waktu berlalu, dan gw memikirkan, akan sebagai apa gw ingin diingat nanti, apa legasi dari gw untuk nanti?

Gw rasa, cukup disini aja sih note iseng dan perenungan gw, harapan gw sih ya menjadi pribadi yang lebih baik aja, gw ga ngarep ini inspiratif atau apapun itu, murni ingin menuangkan dalam bentuk tulisan, tadinya malah mau dijadiin puisi, tapi ya ga jadilah, sekian dan terima kasih.

P.S: Saya ganteng, tengkyu

Leave a Reply

