5 Skenario Evolusi Manusia Di Masa Depan

Posted: July 22, 2010 in Artikel
Tags: , ,
Yo, udah lama banget gw ga bikin artikel, artikel ini bertema tentang evolusi, daripada banyak basa basinya, langsung aja yak

Di artikel ini gw membahas tentang evolusi manusia, dah pada tau dong evolusi apa? Gw ga membahas tentang evolusi ala Darwin yang mengatakan tentang manusia satu nenek moyang dengan kera (oh ya, satu pelurusan nih, Darwin ga pernah bilang klo manusia berasal/berevolusi dari kera, tapi di “Origin Of Species” dari dia, dia mengatakan manusia berasal dari satu cabang yang sama dengan kera, dengan kata lain, nenek moyang kita ama kera itu sama, cukup pembahasannya)

Disini gw membahas lebih tepatnya tentang skenario kemungkinan evolusi yang bisa terjadi di masa depan manusia, bukan seribu atau dua ribu tahun, tapi jutaan tahun kedepan (dengan asumsi manusia masih hidup sampai saat itu)

Apa saja sih bentuk keturunan kita di masa depan? Oke, ini ada 4 jenis (beserta ilustrasinya)

1. The Unihumans (Homo sapiens sapienter)

(1 juta tahun kedepan)

Spesies manusia ini telah menemukan tempat tinggal yang baru bagi umat manusia, cukup stabil, dan tidak ada lagi perbedaan ras, semua manusia akan sama bentuknya (seperti ilustrasi), hal ini dikarenakan adanya percampuran gen antara manusia dan ini terjadi secara global/mendunia. Namun akan ada sistem kasta demi mempertahankan keharmonisan sosial umat manusia, sayangnya karena keragaman kebudayaan ini (karena manusia sudah satu ras) bisa menyebabkan kejatuhan besar umat manusia.

2. The Survivalistians (Postapocalypticus)

(1,5 juta tahun kedepan)

Spesies manusia ini muncul karena adanya suatu bencana yang bersifat global, mungkin perang nuklir atau jatuhnya meteor ke bumi, memisahkan manusia dalam waktu yang cukup lama untuk bisa melakukan diferensiasi populasi, intinya manusia setelah bencana itu juga akan menjadi seragam, maka dari itu untuk menjadi beragam macam seperti dulu dibutuhkan waktu lama.Ciri fisik manusia juga akan berubah secara mencolok demi beradaptasi pada lingkungan sekitar, mungkin bisa memiliki penglihatan malam hari (seperti pada binatang nokturnal semacam burung hantu) dan kulit tahan radiasi.

3. The Numan (Homo genomicus)

(2 juta tahun kedepan)

Modifikasi genetik pada manusia di masa ini menyebabkan keragaman spesies manusia, antara yang sudah dimodifikasi kode genetiknya, (Numan) dan manusia murni (tanpa modifikasi) yang sepertinya anti terhadap perubahan modifikasi genetik, perubahan di bidang peradaban manusia dan agama. Namun karena penentangan inilah, para manusia murni mendapat tempat yang sedikit di masa itu, di tengah Numan, dan bisa saja pada akhirnya memicu konflik antara Numan dan Original.

4. The Cyborg (Homo roboticus)

(3 juta tahun kedepan)

Di masa ini, manusia seperti sudah menyatu dengan mesin, baik tersurat dan tersirat, terbukti dari adanya perangkat tambahan berupa mesin pada tubuh manusia. Meski mesin mesin ini bukanlah bawaan dari lahir (ditanamkan atau implantasi) namun karena sudah terbiasa dengan implantasi mesin pada tubuhnya, akan ada simbiosis mutualisme antara mesin dan manusia, serta pada masa ini juga akan ada kecerdasan buatan yang cukup tinggi intelektualitasnya sehingga bisa saja menjadi bersaing dengan manusia itu sendiri.

5. The Astran (Astranthropus)

(4 juta tahun kedepan)

Pada masa ini, bagian tubuh manusia disusun/direkayasa ulang, secara genetis, ataupun robotis (dengan asumsi berevolusi dari Homo Roboticus, tentunya masih menyisakan bagian mesin pada tubuh mereka). Juga para Astran ini melakukan perjalanan ke angkasa demi galaksi atau sistem bintang lain. Astran juga mampu mengistirahatkan tubuh mereka dalam waktu yang sangat lama dan mampu langsung bereproduksi saat mereka bangun.

Itulah sekilas pembahasan mengenai 5 kemungkinan evolusi manusia di masa depan, dalam waktu jutaan tahun lamanya, mungkin banyak pembaca beranggapan kita ga akan mampu hidup selama itu, ataupun kalaupun bisa, mungkin akan tetap begini bentuk manusia, tapi pada intinya, hanya waktu yang bisa mengatakan.

Ane  juga menyertakan sumbernya, satu dari blog, satu dari situs MSN, cek aja buat lengkapnya (meski dalam bahasa Inggris….), oke deh segini dolo, trims dah baca….

Comments
  1. dito kere says:

    KEREN!!!!!!!!!!!!!!!
    Tapi, kira2x evolusi besok apa ya???????????????????!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  2. Firey says:

    weeeww!!! menyeramkan.. ~.~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s